Senin, 18 April 2011

Tugas 4


Perubahan Teknologi Komunikasi Massa


Perkembangan Teknologi memang telah merubah pola komunikasi massa yang saat ini dapat kita lihat. Perubahan pola komunikasi massa ini tidak lepas dari berkembanganya media komunikasi massa tersebut. Perubahan yang tentu saja membawa pengaruh positif untuk kemudahan dunia ini untuk berkomunikasi. Media pertama yang harus kita bahas adalah print media, termasuk di dalamnya buku dan majalah. Sejarah dari print media sangat berhubungan dengan perkembangan perputaran inovasi teknologi yang berkesinambungan, yang diikuti dengan kompetisi di antara pola baru dan penggunaan media, peningkatan penawaran konsumen, berkembangnya literasi, dan perubahan sosial yang didorong dengan media.

Teknologi memfasilitasi publikasi dan mempengaruhi format apa yang mungkin digunakan di media, tetapi tidak untuk kontennya. Awal perkembangan tulisan, kertas dan pencetakan di awali dari daerah timur tengah dan Cina. Pada tahun 105 Cina membuat kertas dari kain lap. Arab lalu memperdagangkan kertas dalam arti sebenarnya kertas pada tahun 700. Korea membuat moveable metal type pada tahun 1234. Penemuan sebelum tahun 1455 tidaklah menciptakan industri percetakan yang besar. Tetapi pada tahun 1455 terjadi perubahana yang besar, Johannes Guterberg seorang warga negara Jerman berhasil menemukan moveable type dan mekanikal printing. Hal ini memungkinkan print dapat diproduksi lebih banyak lagi dalam jumlah besar. Pada tahun 1640 adalah tahun pertama Amerika mengeluarkan buku untuk jumlah besar, buku tersebut adalah The Bay Psalm Book. Orang yang sangat berpengaruh dan inovatif dalam proses publikasi saat itu adalah Benjamin Franklin. Setelah buku maka muncullah majalah. Majalah berkembang pada awalnya di Inggris pada tahun 1700an. Majalah pertama yang muncul adalah Gentleman’s Magazine pada tahun 1731. Dan baru pada tahun 1741 majalah di Amerika lahir.
Pada pertenahan 1800-an, peningkatan kondisi sosial membantu perkembangan mass audience untuk buku dan majalah. Perkembangan sistim pengedukasian publik membawa banyak orang untuk dapat membaca. 1846 pencentakan berotasi (tipe silinder) ditemukan di Amerika Serikat. Pada tahun 1860, masa jaya novel sepersepuluh dolar dimulai. Iklan berpindah dari majalah ke televisi pada tahun 1950’an setelah televisi di luncurkan. pada tahun 1960-an, dimulailah masa komputerisasi  print media. Pada tahun-tahun berikutnya kebanyakan majalah menggunkan teknologi computer-to-plate untuk memproduksi.
Efek dari teknologi komputer pada publikasi buku dari segi waktu dan pekerja menjadi lebih ringan. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan baru yang ditawarkan internet yang dapat mempublikasikan, menjual dan membeli buku secara online. Jadi internet dapat dikatakan sebagai toko buku virtual, salah satu web yang terkenal untuk toko buku virtual adalah amazon.com.
Perkembangan perekaman dan publikasi musik sangatlah dekat dengan kehidupan kita, karena tidak ada orang yang tidak menyukai musik. Tapi tahu kah mereka bagaimana musik itu berkembang. Dalam perkembangan alat perekam, publikasi dan industri, terdapat hal-hal yang menarik untuk diperhatikan. Alat perekam musik akustik pertama dikembangkan oleh Thomas Edison pada tahun 1877. Ia membuat prototipe dari phono-graph. Phonograph berkembang dengan signifikan pada tahun 1890. Phonograph telah memudahkan dan meningkatkan pendengar dalam menikmati musik. Teknologi radio membawa perubahan yang signifikan pada masanya, yang menyebabkan penjualan alat perekam musik menurun dengan tajam. Tetapi pada akhirnya radio dan industri musik membina hubungan baik, mereka saling bekerja sama dan menimbulakn keuntungan satu sama lain. Perkembangan dari phonographs adalah CD, cd dapat memproduksi suara digital. Perekembangan yang dapat kita lihat sekarang adalah distribusi dan penjualan musik melewati internet yang biasanya menggunakan format mp3 atau WMA. Perkembangan internet menimbulkan efek yang sama saat radio pertama kali dikeluarkan. Industri musik dipaksa berubah dan beradaptasi dengan munculnya distribusi dan penjualan di internet.

Dari perkembangan media massa tersebut tak terelakan lagi bahwa perkembangan teknologi menjadi faktor penting untuk menjadikan media massa yang ada sebelumnya menjadi media baru yang lebih memudahkan dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi kita di dunia ini.

referensi :  waena.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar