Kamis, 21 Oktober 2010

TUGAS 2


Konflik

            Konflik merupakan bagian dari kehidupan sosial bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Konflik adalah hal yang wajar atau lumrah terjadi dalam hubungan bermasyarakat. Konflik dapat terjadi karena di latar belakangi oleh adanya perbedaan baik dalam pemikiran maupun keyakinan. Sikap tidak pernah puas yang dimiliki manusia juga dapat menimbulkan konflik, misalnya karena terbatasnya sesuatu dapat memaksa seseorang berbuat yang tanpa disadari sudah di luar batas sehingga dapat menimbulkan konflik dalam lingkungan bermasyarakat.

            Konflik sendiri ada beberapa macam, yaitu :

  • Konflik pribadi
  • Konflik antar individu
  • Konflik antara individu dengan kelompok
  • Konflik antar kelompok
  • Konflik antara kelompok dengan organisasi

Dari beberapa macam konflik diatas saya akan coba membahas tentang konflik antar kelompok.

Konflik Antar Kelompok

Konflik antar kelompok biasa terjadi karena adanya perbedaan kepentingan. Kali ini saya akan mengambil contoh konflik antar 2 kelompok supporter sepak bola. Konflik antar 2 kelompok suporter sepak bola ini sering sekali terjadi dalam persepak bolaan tanah air. Konflik ini terjadi atas dasar ketidak puasaan para suporter atas hasil akhir yang di raih oleh klub/tim yang dibelanya, dimana kekalahanlah yang diterima.

Atas kekalahaan itu biasanya terjadilah saling ejek mengejek, dari saling ejek mengejek itu biasanya terjadi aksi saling melempar batu atau yang lainnya sehingga timbulah perkelahian antar 2 kelompok tersebut. Pernah suatu waktu saya membaca berita bahwa akibat dari konflik 2 suporter menimbulkan korban jiwa.

Cara menyelesaikan konflik tersebut

Untuk menyelesaikan konflik diatas saya pikir dapat dilakukan dengan cara mediasi, yaitu dengan membuat kesepakatan antar 2 kelompok supporter yang bertikai tersebut. Dalam kesepakatan tersebut perlu adanya pihak ke tiga yang bersifat netral sebagai mediator untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Akan tetapi jika setelah adanya mediasi tersebut masih saja ada pertikaian, saya rasa hukuman yang pantas yang pernah juga di terapkan dalam persepak bolaan tanah air yaitu dengan diberikannya sanksi larangan menyaksikan tim yang dibela oleh kelompok suporter tersebut dalam kurun waktu yang telah di tentukan, dengan maksud memberi efek jera bagi kelompok suporter yang bertikai.

1 komentar: