Rabu, 26 Oktober 2011

Jenis Karangan Bahasa Indonesia

   Karangan bahasa Indonesia banyak ditemukan dalam buku-buku, surat kabar, internet maupun media lainya. Mengarang merupakan kegiatan yang melatih kita berpikir sistematis. Karangan deskripsi merupakan salah satu jenis karangan yang sering dipelajari siswa melalui mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis karangan bahasa Indonesia tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
    Kata deskripsi berasal dari kata bahasa latin describe yang berarti nenulis tentang sesuatu atau membeberkan suatu hal. Kata deskripsi juga dapat berasal dari bahasa inggris description yang berarti melukis dengan bahasa. Jadi jenis karangan bahsa Indonesia deskripsi adalah suatu tulisan atau karangan yang bertujuan menggambarkan atau melukisakan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman dan pencecapan situasi atau masalah.
       Adapun deskripsi sugestif atau impersonik adalah deskripsi yang menitikberatkan pada penggambaran objek yang dapat menggugah daya khayal pembaca sehingga pembaca seolah-olah melihat sendiri objek yang disuguhkan pengarang.
         Karangan bahasa Indonesia deskripsi lebih banyak digunakan dalam tulisan yang berisi human interest, feature(laporan perjalanan), dan karya sastra. Deskripsi sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca karena dapat menyentuh imajinasi sehingga pembaca dapat membayangkan apa yang dideskripsikan.
Selain karangan bahasa Indonesia deskripsi dikenal juga beberapa jenis karangan bahasa Indonesia lainya. Ya, jenis karangan bahasa Indonesia pun ada yang berjenis narasi, argumentasi eksposisi dan jenis karangan bahasa Indonesia persuasi.
        Masing-masing jenis karangan bahasa Indonesia yang lainya ini pun memiliki sejumlah keistimewaan dan fungsi khususnya untuk mengetahui hal tersebut, dalam artikel ini penulis akan memberikan definisi dari keempat jenis lain dalam karangan bahasa Indonesia.

1). Jenis karangan narasi
Karangan bahasa Indonesia narasi, jika desederhanakan bias dartikan sebagai cerita. Ya, dalam karangan bahasa Indonesia jenis ini terdapat peristiwa yang terjadi dalam satu urutan waktu, yakni awal tengah, dan akhir. Dalam jenis karangan bahasa Indonesia ini terdapat tokoh atau pelaku cerita lengkap dengan konflik yang dihadapinya.

2). jenis  karangan eksposisi
Karangan bahasa Indonesia eksposisi adalah jenis karangan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau menambah wawasan baru bagi pembacanya. Karangan bahasa Indonesia eksposisi ini biasanya berisi uraian atau topic tertentu yang penyajiannya bias dilengkapi dengan gambar, table, data statistic, atau grafik.
3). Jenis karangan argumentasi
Berbeda dengan jenis karangan bahasa Indonesia eksposisi, jenis karangan bahasa Indonesia ini biasanya berisi argumentasi pengarang atau penulisnya untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat atau kesimpulan. Jenis karangan ini biasanya dilengkapi data atau fakta sehingga mampu menghasilkan pembenaran dari pembacanya.

4). Jenis karangan persuasi
Karangan bahasai Indonesia persuasi adlah jenis karangan yang berisi ajakan kepada pembacanya untuk ikut melakukan atau berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang diharapkan penulis dalam hasil karanganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar